Karakter yang Biasanya Dicari Perusahaan

Karakter seseorang merupakan elemen penting dalam sebuah organisasi. Apapun jenis pekerjaannya, ada beberapa tipe kepribadian yang selalu dibutuhkan. Mau tahu? Simak berikut ini.

1. Berani tampil beda
Mereka yang berani tampil beda biasanya punya segudang kreativitas dan inovasi. Dua hal tersebut adalah senjata utama yang mampu mengembangkan perusahaan lebih besar. “Meski kelihatannya baik, mempekerjakan orang-orang yang selalu mengikuti arus akan menghambat pertumbuhan perusahaan,” kata CEO Seven Step Recruiting, perusahaan perekrutan karyawan, Beth Gilfeather.

2. Jago lobi
Orang yang lihai bernegosiasi biasanya memiliki karakter yang hangat, supel, tegas, dan berani mengambil resiko. Dalam dunia kerja, orang seperti ini mutlak dibutuhkan untuk memperkuat posisi pemasaran. “Marketing berperan penting bagi sebuah organisasi,” ujar CEO Caliper Corp, perusahaan konsultan sumber daya manusia, Herb Greenberg.

3 Serba bisa
Sebagian besar perusahaan lebih menyukai karyawan yang serba bisa. Terutama bagi perusahaan kecil dan sedang berkembang. Mereka membutuhkan orang yang bersedia untuk keluar dari perannya dan melakukan apapun yang diperlukan.

4. Berani mengambil keputusan
Karakter ini tidak hanya wajib dimiliki oleh atasan, tapi semua posisi karyawan. Orang dengan kepribadian seperti itu memiliki karakter yang kuat dan daya tarik yang besar.

5. Memiliki visi yang jelas
Tipikal orang seperti ini dapat memajukan sebuah organisasi. Mereka biasanya pandai menyusun strategi dan punya sikap yang jelas. “Perusahaan beruntung jika memiliki karyawan dengan karakter tersebut,” kata psikolog karir Eileen Sharaga.

6. Terorganisir
Orang dengan karakter seperti ini biasanya mampu menyusun tugas dan waktunya dengan baik. Mereka memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengaplikasikan setiap perencanaan yang dibuat.

7. Hati-hati
Biasanya orang yang penuh hati-hati akan memperhitungkan segala kemungkinan dan risiko. Mereka berperan sebagai penyeimbang dalam perusahaan. Hati-hati bukan berarti ragu atau tidak berani mengambi keputusan.

8. Berorientasi melayani
Perusahaan tidak membutuhkan karyawan yang angkuh, sombong, dan individualis melainkan yang memiliki jiwa ‘melayani’. Terutama bagi perusahaan jasa. Karakter yang biasa dimiliki adalah ramah dan tidak pernah mengeluh.

9. Mampu bekerja dalam tim
Perusahaan membutuhkan orang-orang yang dapat bekerja sama, bukan mereka yang tampil sendiri-sendiri. Kesuksesan bergantung pada kekompakan dan kesamaan visi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s